Hikmah Umroh Dan Haji Bag 2

Khazzanah Tour Travel Umroh & Haji
PT. Khazzanah Al-Anshary U. 115 Thn 2024 | HK-29062021
gmbr Biaya Paket Umroh 9 hari 2024 2024


Setiap Manasik Dalam Ibadah Umroh Dan Haji yang Dilaksanakan Didalam nya Banyak Hikmah Yang Dapat Diambil Ibrah Demi Memperteguh Keimanan

Hikmah Umroh Dan Haji Bag 2

Melanjutkan artikel Hikmah Umroh Dan Haji Bagian 1.

Setiap Ibadah mempunyai Hikmah yang dapat diambil pelajarannya termasuk ibadah Umroh Dan Haji yang termasuk salah satu ibadah yang cukup berat dalam pelaksanaan nya.

Hikmah Yang Bisa Diambil Pelajaran Nya Dalam Umroh Dan Haji:


  • IKHLAS

    Melaksananakan Haji ataupun Umroh, tentu memerlukan niat kuat untuk bisa mewujudkannya. Karena siapapun yang melaksanakan nya harus mengorbankan waktu, materi, fisik dan lain nya, dan Ikhlas adalah Hikmah yang dapat diambil pelajaran dari itu.
  • SABAR

    Anda yang sudah pernah menunaikan ibadah Umroh ataupun Haji tentu pernah mengalami rasanya menahan diri dari hal-hal yang dijaga setelah kita mengambil Miqot dan Berihrom, dan tanpa kesabaran sepertinya sangat berat kita bisa melalui nya.
  • TAWAKKAL

    Berserah diri pada sang Khalik yang maha Esa, ini selalu di ingatkan oleh ustadz pembimbing dalam perjalanan Ibadah Umroh Dan Haji pada para jamaah yang ikut dalam rombongan.

Ibadah Haji adalah Ibadah yang termasuk dalam rukun islam, ini menjadi rukun Islam yang terakhir dari lima rukun Islam, dan menjadi Ibadah terberat untuk dilaksanakan.

Di dalam pelaksanaan nya yang memang berat, ditambah lagi Ibadah ini hanya bisa dilaksanakan ditempat tertentu ( tanah suci mekkah ) pada waktu yang ditentukan ( bulan dzul hijjah ).

Hal ini membuat Ibadah Haji semakin berat untuk dilaksanakan, karna membutuhkan banyak biaya jika ingin melaksanakan nya, ditambah nilai tukar rupiah yang rendah hal ini membuat Biaya Umroh Dalam Rupiah yang harus dikeluarkan menjadi semakin mahal. berbeda dengan Umroh yang cenderung lebih ekonomis dibandingkan dengan Haji.

Meski menjadi salah satu rukun Islam tetapi Ibadah ini hanya diwajibkan bagi Umat Islam yang mampu saja, akan tetapi meski demikian seluruh umat islam akan berusaha untuk dapat melaksanakan Ibadah ini. karena berbagai keutamaan dan hikamah yang bisa didapat dengan melaksanakan nya.

Banyaknya umat islam yang ingin melaksanakan rukun islam kelima ini membuat kepadatan jamaah yang melaksanakan Ibadah Haji semakin bertambah pada setiap tahun nya.
Hingga arab saudi sebagai negara tuan rumah membatasi jamaah yang akan melaksankan Ibadah Haji dengan mengatur quota jamaah yang akan melaksanakan Ibadah Haji dari tiap – tiap negara.

Indonesia menjadi negara berpenduduk umat islam terbesar di dunia kualahan dalam mengatur jamaah yang akan pergi Haji, dengan jatah quota hanya sekitar 0,1% dari total penduduk indonesia sekitar 250 juta penduduk dengan mayoritasnya adalah muslim.

hal ini membuat calon jamaah Haji yang akan melaksanakan Ibadah ini harus antri hingga bertahun – tahun, permasalahan ini membuat banyak umat islam indonesia yang sudah sangat rindu pada baitullah memilih untuk melaksanakan Ibadah Umroh sambil menunggu antrian dalam pemberangkatan Ibadah Haji.


Hikmah Umroh Dan Haji


Membersihkan Dosa Dengan Melaksanakan Ibadahn Umroh Dan Haji



Manusia memang adalah mahkluk yang tak lepas dari salah dan dosa, dan mustahil ada manusia yang bebas dari berbuat salah, dengah kemulyaan dan kebesaran Allah manusia diajarkan dan diberi jalan untuk bertaubat demi mendapatkan ampunan dari Allah atas dosa – dosa yang telah diperbuat. Dan diantaranya adalah janji Allah akan mengampuni dosa –dosa hambanya yang melaksanakan Ibadah Haji maupun Umroh.

Nikmat dapat melaksanakan Haji dan Umroh merupakan kesempatan untuk bertaubat dan banyak meminta ampun kepada Allah, karna dalam melaksanakan Ibadah Haji maupun Umroh jamaah akan mendapatkan kesempatan sangat baik untuk dapat berdoa di tempat - tempat mustajab untuk memanjatkan doa dan bertaubat, dan kedua Ibadah itupun jika dilaksanakan tengan baik dan benar Allah menjanjikan ampunan dosa bagi yang melaksanakan nya.

Sabda Rasulullah "Barangsiapa melaksanakan Ibadah Haji ke Baitullah dengan tidak mengucapkan perkataan keji, dan tidak berbuat fasik, dia akan kembali ke negerinya dengan fitrah seperti bayi yang baru lahir dari perut ibunya." (Bukhari Muslim ).

Dalam hadis lain Rasulullah menerangkan tentang salah satu Hikmah Umroh "Antara Umroh satu dan lainnya menjadi penebus dosa diantara keduanya, sedangkan Haji mabrur itu tidak ada balasan bagi yang melaksanakan nya kecuali syurga".



Hikmah Umroh Dan Haji Dalam Thowaf


Ibadah Haji dan Umroh adalah Ibadah terberat dibanding Ibadah lainnya karena didalam panjang dan berat pelaksanaan Ibadah ini membuat orang harus mempunyai kesabaran dan kegigihan demi untuk dapat melaksanakannya dengan sempurna. Bayangkan saja dalam pelaksanaan thowaf dimana orang harus mengelilingi ka’bah dengan berdesak desakan karna sangat padatnya jamaah dari berbagai negara yang melaksanakan Ibadah Haji Dan Umroh dibawah panas sinar matahari, dengan mengelilingi ka'bah sebagai porosnya seperti bumi dan planet mengelilingi matahari dan dengan ini manusia bisa menentukan waktu dari peredaran bumi mengelilingi matahari maupun bulan mengelilingi bumi, dari tawaf ini kita mengambil Hikmah betapa penting nya waktu, dimana allah sampai bersumpah dengan nya seperti dalam surah al asr " Wal Ashri " Demi masa . ya rab ampuni kami dari lalai atas ni'mat waktu yang kami lalui dengan sia-sia. dan dari towaf juga kita diingatkan untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu meski harus bersusah payah.



Hikmah Umroh Dan Haji Dalam Sa'i


Melaksanakan sa’i antara bukit safa dan marwa, dalam manasik Umroh dan Haji. Tentu hal ini amat sangat berat dilaksanakan tanpa kesabaran dan kegigihan dalam melaksanakan nya. Sa'i diambik dari sejarah Nabi Ismail Alaihi Salam dan ibundanya Sayyidati Hajar istri Nabi Ibrahim, dimana saat nabi Ismail masih kecil / Bayi dan ibunya yang ditinggalkan oleh ayah nya dilembah panas dan tandus, sebagai istri solehah sayyidati hajar tak mengeluh karena percaya pada ketetapan Allah taakan membawa kemudhorotan / keburukan meski terlihat buruk, bandingkan dengan logika kebanyakan orang sekarang yang mencoba untuk menjelekkan ajaran Islam.

Setelah jauh ditinggal sang suami Siti Hajar hanya berdua dengan Ismail kecil, dan tatkala Ismail kecil kehausan sang Ibu berusaha mencari air, dilihatnya dari kejauhan diatad bukit dia melihat ada air dan ternyata tidak ada, kemudian ia melihat air diatas bukit lain ia pun mendatangi nya dan ternya ta tidak ada, ini berulag sebanyak tujuh kali sayyidati Hajar bulak balik antara bukit safa dan marwa, tak juga ia menemukan air. dalam letih nya ia berdo'a dengan keyakinan pada sang pencipta yang maha pengasih, kemudian keluarlah air didekat ismail kecil dimana air itu menjadi air terbaik dimuka bumi yang bisa mengenyangkan dan menjadi obat seperti niat bagi peminumnya dan dikenal dengan Air Zam-Zam.



Sungguh sebagai manusia kita diperintahkan untuk selalu bersabar dalam menjalani kehidupan tak akan lepas dari cobaan, dan sabar yang benar adalah setelah kita gigih sekuat tenaga berusaha, bukan berdiam diri ini adalah Hikmah yang bisa di ambil dari sejarah nabi ismain bersama ibunda siti hajar.



Demikian sebagian Hikmah Umroh Dan Haji insya allah akan dilanjut lagi pada bagian lain.




jika ada kesalahan mohon maaf sebesar - besarnya jika ada kesalahan dan mohon kritik dan saran nya atas artikel Hikmah Umroh Dan Haji ini.


Hikmah Umroh Dan Haji


Hikmah Umroh Dan Haji Bag 2 ---- Konsultasikan Perjalanan Umroh Anda

khazzanah-tour-travel-support