Hikmah Dalam Umroh Dan Haji

Khazzanah Tour Travel Umroh & Haji
PT. Khazzanah Al-Anshary U. 115 Thn 2024 | HK-29062021
gmbr Biaya Paket Umroh 9 hari 2024 2024


Hikmah Umroh Dan Haji yang Dilaksanakan Didalam nya Banyak Pelajaran Yang Dapat Diambil Untuk Menjadi Lebih Baik

Hikmah Dalam Umroh Dan Haji

Hikmah Umroh Dan Haji mungkin menjadi pembahasan yang akan sangat panjang jika kita membahasnya secara detil dan mendalam, dan mungkin ini akan menjadi membosankan untuk dibaca. tetapi kali ini mungkin penulis akan membahas sedikit saja.

Hikmah

Kita akan sedikit membahas dari awal tentang pemahaman kata hikmah karena perbedaan persepsi ini bisa membuat perbedaan pendapat, hikmah dalam kata pemahaman akan suatu kejadian hingga bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian itu.

Dalam Alqur'an Allah banyak menyebutkan kata Hikmah didalam nya dan Alqur'an itu sendiri juga disebut Hikmah, dan dalanm surah Al-Hajj Allah berbicara tentang hikamah, didalamnya diterangkan agar kita bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian.

Haji adalah Ibadah wajib ( Fardu Ain ) jika mampu untuk menunaikannya bagi umat Muslim yang termasuk dalam rukun islam, dan sebagai rukun Islam yang terakhir dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan, dan menjadi Ibadah terberat dalam cara pelaksanaan nya dikarenakan dalam tata cara pelaksanaan nya yang memang berat ditambah pelaksanaan Ibadah Haji hanya bisa dilaksanakan pada waktu dan tempat yang telah di tentukan jadi tidak bisa dilaksanakan dimana saja dan juga tidak bisa dilaksanakan kapan saja.

Milyaran Umat Muslim di seluruh dunia ingin melaksanakana nya, membuat pelaksanaan ibadah haji harus di manage sebaik mungkin maka dari itu pemberian kuota haji untuk tiap - tiap negara yang diatur Saudi Arabia sebagai tuan rumah penyelenggara diberlakukan agar tidak terjadi penumpukan jamaah diluar batas karena akan menjadi hal yang sangat fatal jika tidak dibatasi jumlah jamaah haji pada tiap tahun nya.

Haji memang diwajibkan hanya bagi yang mampu untuk melaksanakan nya, kemampuan Fisik, Mental dan Finansial, tetapi eski demikian setiap umat islam akan berusaha untuk dapat menyempurnakan rukun Islam yang lima,



Hikmah Umroh Dan Haji

Umroh Adalah Ibadah Sunnah yang tata cara pelaksanaan nya mirip dengan Ibadah haji tetapi tidak sebanyak manasik Haji, dan pelaksanaan nya pun bisa dilaksanakan kapan saja, ini membuat pelaksanaan ibadah Umroh tidak seramai pelaksanaan Ibadah Haji meski diwaktu-waktu tertentu tetap akan ramai sekali terutama pada saat Umroh Ramadhan yang memang dalam pelaksanaan Umroh pada bulan ini banyak keutamaan yang bisa didapatkan , maka tidak mengherankan jika Paket Umroh Ramadhan sangat diminati.

Sebagai manusia yang diberi akal dan diperintahkan untuk berubah menjadi lebih baik, tentunya dengan kata lain kita diperintahkan untuk selalu mawas diri dan bisa mengambil pelajaran dari setiap apa yang dialami. tidak lah apa yang Allah perintahkan pada hambanya melainkan didalamnya terdapat Hikmah yang bisa dijadikan pelajaran pun demikian halnya dengan Ibadhah Umroh Dan Haji dengan runtunan manasik yang akan dilaksanakan tentunya banyak pelajaran yang bisa di ambil.

Umroh Dan Haji Sebagai Pembersih Dosa

Dosa adalah hal harus dijauhi bukan hanya dihindari tetapi sebagai manusia kita tidak akan ter elakkan dari berbuat salah / dosa sengaja atau tidak besar atau kecil pastilah kita pernah melaksanakannya dan perlu diingat bahwa tidak ada dosa yang tidak ditolak, tidak seperti ibadah yang meski telah kita laksanakan tetapi bisa ditolak amal kita dengan beberapa sebab, seperti salah niat, tidak Ikhlas maupun pelaksanaan ibadah yang salah hingga batai ibadahnya, tetapi dosa bagaimanapun niatnya, pelaksanaan nya dosa tetaplah dosa.

Cara menghapus dosa adalah dengan bertaubat dan melaksanakan Ibadah ibadah yang memang telah dijanjikan oleh Allah ampunan diantaranya Adalah Umroh Dan Haji kedua Ibadah ini jika kita melaksanakan nya dengan baik, benar dan sempurna Allah telah menjanjikan ampunan dosa bagi siapa saja yang melaksanakan nya, Seperti bersabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim "Barangsiapa melaksanakan Ibadah Haji ke Baitullah dengan tidak mengucapkan perkataan keji, dan tidak berbuat fasik, dia akan kembali ke negerinya dengan fitrah seperti bayi yang baru lahir dari perut ibunya" dan pada hadis lain Rasulullah bersabda "Antara Umroh satu dan lainnya menjadi penebus dosa diantara keduanya, sedangkan Haji mabrur itu tidak ada balasan bagi yang melaksanakan nya kecuali syurga" sungguh apa yang Allah janjikan pada hambanya dalam dua ibadah ini tentulah membuat ghirrah kita semakin kuat agar bisa melaksanakan dua ibadah ini.

Hikmah Manasik Umroh Dan Haji

Runtunan tata cara pelaksanaan Ibadah Haji Dan Umroh Yang biasa di sebut manasik dari niat, Tawaf, Sa'i, Wukuf, Jumroh dan Tahallul tentulah juga banyak pelajaran yang bisa di ambil.

Hikmah Umroh Dan Haji

Hikamah Umroh Dan Haji Dalam Tawaf


Thawaf menjadi satu manasik umroh yang bisa dilaksanakan kapan saja meski kita tidak berumoh maupun berhaji, maka kita tidak harus berihrom saat kita ingin melaksanakan Thawaf, berbeda dengan Sa'i yang jika kita melihat orang yang melaksanakan nya semua mengenakan pakaiaan Ihrom yang berarti mereka sedang melaksanakan Umroh atau Haji, tetapi jika kita melihat orang yang Thawaf tidak semua mengenakan Pakaian Ihrom, melaksanakan Thawaf diluar Haji Dan Umroh ini yang di sebut Thawaf Sunnah.

Taukah anda bahwa sepanjang tahun tidak ada waktu kosong orang melaksanakan Thawaf kecuali diwaktu shalat, jadi selama 24 jam kabah selalu di kelilingi orang yang melaksanakan Thawaf, dan setiap harinya orang berdesak desakan saat mengelilingi Kabah apalagi diwaktu-waktu ramai, mengelilingi ka'bah sebagai porosnya berlawanan aran jarum jam pada umum nya seperti perputaran benda benda langit yang bergerak mengikuti orbitnya, dari peredaran bumi mengelilingi matahari kita mengenal kalender Masehi dan perputaran bulan mengelilingi bumi kita bisa mengenal kalender Hijriyah, dari pelaksanaan thawaf kita mempelajari dan mengingat petapa penting nya waktu dimana allah mengingatkan kita untuk selalu mempergunakan nikmat kesempatan ( waktu ) sebaik mungkin. ya maghfiroh lindungi kami dari lalai atas waktuyang kau berikan.

Hikmah Dalam Sa'i Umroh Dan Haji

Berlari dari bukit safa menuju bukit marwah sebanyak tujuh kali jarak yang cukup jauh apalagi untuk yang tidak biasa ber olahraga dan kegiatan nya jarang di luar ruangan, tentunya ini akan sangat melelahkan meski saat ini kita melaksanakan nya dalam ruangan ber AC dan berlantai marmer.

Manasik yang satu ini diambil dari sejarah ibunda dari nabi Ismail Alaihi Salam Rahimallahu Anha yang menjadi awal kota Makkah. dikisahkan pada waktu nabi Ismail masih Bayi, nabi Ibrahim Alaihi Salam di beri perintah oleh Allah untuk meninggalkan istri dan anaknya di lembah panas, tandus dan tidak ada satu orang pun yang tinggal disana, sebagai istri solehah dan beriman meyakini apa yang dialkukan suaminya adalah benar datang dari Allah, sayyidati hajar tak menolak maupun mengeluh atas keputusan suaminya ini, keimanan hamba Allah yang membuang logika demi melaksanakan perintah dari Tuhan dan meyakini bahwa tiada apa yang diperintah melainkan ada kebaikan didalamnya.

Berada di lembah tandus nan gersang tak bertuan bersama anak yang masih bayi, pernahkah kita membayangkan keadaan ini, keadaan yang jika kita memikirkan nya maka tidak ada orang yang mau berada dalam keadaan seperti itu. udara panas menyengat membuat sang anak nabi Ismail yang masih bayi kehausan, sang Ibu yang mengetahui anaknya sedang kehausan berusaha mencari air tetapi tidak juga ditemukan hingga ia melihat di kejauhan ada air, kemudia ia merjalan sambil berlari kecil menuju tempat yang dilihat nya ada air itu, sesampainya disana ( bukit Marwar ) ternyata tidak ada apa-apa hanya fatamorgana belaka, dari atas bukit marwah ia melihat ada air di atas bukit di kejauhan dan ia pun berlari menuju bukit itu, tetapi ternyata fatamorgana jua.

Dalam letih nya setelah beberapa kali bolak-balik antara bukit Safa dan Marwah sang bunda berdo'a pada sang pencipta yang maha pengasih, dalam sejaran diterangkan tidak lama setelah berdo'a kemudian didapatinya air keluar dari di dekat ismail kecil yang banyak, dikemudian hari air itu kita kenal sebagai air Zam Zam, air terbaik dimuka bumi. dengan ditemukan nya sumur air Zam Zam ini kemudian banyak orang berdatangan kelembah itu dan menjadi kota yang ramai bernama Makkah. Dari sejarah Sa'i ini banyak pelajaran yang bisa diambil dari keimanan, ketaqwaan, kesabaran dan kegigihan yang dapat mendatangkan kebaikan melebihi apa yang diharapkan.

untuk sementara sampai dini dulu pembahasan mengenai Hikmah Umroh Dan Haji Insa Allah akan dilanjutkan di lain waktu.

Mohon kritik dan saran nya atas artikel jika ada kesalahan dalam penulisan maupun pembahasan Hikmah Umroh Dan Haji ini. Untuk Info Biaya Umroh



Hikmah Dalam Umroh Dan Haji ---- Konsultasikan Perjalanan Umroh Anda

khazzanah-tour-travel-support