11 Fakta Tentang Ka’bah Yang Mencengangkan

Khazzanah Tour Travel Umroh & Haji
PT. Khazzanah Al-Anshary U. 115 Thn 2024 | HK-29062021
gmbr Biaya Paket Umroh 9 hari 2024 2024


11 Fakta Tentang Ka’bah Yang Ada Dua Atau Kaba Yang Kebanjiran Dan Kabah Yang Pernah Hilang Juga Kaba Adalah Pusat Bumi

11 Fakta Tentang Ka’bah Yang Mencengangkan

Ka’bah yang biasa ditulis dalam bahasa Indonesia atau Kabah, Kaabah biasa di tulis dalam huruf alphabet Suatu Bangunan berbentuk kotak yang dalam ukuran nya hampir berbentuk kubus yang berada di tengah Hasjid Al Haram Di Makkah dan menjadi kiblat untuk seluruh pemeluk agama Islam dimanapun berada.

Anda seorang muslim ?.....
Sholat setiap hari?.....
Sudah Pernah Melaksanakan Haji?.....
Sudah pernah melihat langsung Ka’bah Saat melaksanakan Umroh?.....
Tetapi taukah anda Berbagai Fakta Tentang Ka’bah ?.....

Ka’bah, Kaba atau Kaabah ini menjadi titik dimana semua umat muslim harus menghadap saat melaksanakan Sholat dan pembuatan masjid di Negara manapun harus menghapa kesana, dan dalam berdoa pun di sunnah kan untuk menghadap ke sana juga, Dalam melaksanakan Tawaf pada manasik atau Tata Cara Umroh dan Haji pun harus menjadikan Kakah sebagai poros, dan seorang muslim dalam sehari minimal 5 kali harus menghadap ke sana.

Ada Fakta Tentang Ka’bah yang tidak semua orang mengetahuinya , berikut ini hal-hal yang jarang diketahui orang tentang Ka’bah.

1. Taukah Anda bahwa gravitasi bumi dimanapun tidak lah stabil dikarenakan perputaran bumi itu sendiri dan juga pengaruh dari gaya gravitasi yang dimiliki bulan, akan tetapi di muka bumi ini ada area yang paling stabil gravitasinya yaitu di kota Mekah atau lebih tepat nya di sekitaran area Kabah.

Memang di makkah bukanlah tempat dengan tingkat gravitasi tertinggi tetapi di area ini adalah tempat dengan grafitasi paling stabil.
Fakta Tentang Ka’bah Dengan Gravitasi Yang Stabil

2. Fakta bahwa menghadap Kabah saat tidur dengan posisi miring dan bagian kanan berada di bawah seperti yang di sunnahkan Rasulullah Muhammad SAW berdampak sangat baik untuk kesehatan. Posisi tubuh seperti itu akan membuat kerja jantung makin maksimal yang membuat peredaran darah lebih lancar dan juga otah tengah akan terangsang lebih aktif yang menjadikan sum sum tulang belakang yang mereproduksi sel darah baru bekerja semakin maksimal.

3. Fakta Tentang awal dibangun nya Ka’bah adalah pada masa nabi Adam Alaihi Salam atas perintah dari Allah subhanahu wataala, kemudian di perbaharui dan diletakkan hajar Aswad pada Ka’bah pada zaman Nabi Ibrahim Alaihi Salam dan mengalami perbaikan berulang kali hingga masa saat ini.

4. Hampir semua logam yang ada di Ka’bah terbuat dari emas dan perak mulai dari pancuran air, rajutan kaligrafi hingga ring pengait kain kiswah, jadi jika anda melihat pengait ring Kiswah yang berasa di bawah atau talang air yang beratnya puluhan Kg itu semua terbuat dari emas.
Fakta Tentang Ka’bah Dibalut Emas

5. Fakta Ka’bah yang dibangun sejak zaman nabi adam ini tidak beratap memang benar dimana pertama kali di buatnya atap pada Ka’bah oleh Qushoy Bin Kilab kakek buyut dari nabi Muhammad SAW, ini adalah Fakta Tentang Ka’bah yang sedari awal dibangun nya tidak ber atap sama sekali.

Fakta Bahwa Ka’bah Pernah Hilang

6. Fakta Ka’bah pernah hilang selama ratusan tahun setelah banjir yang melanda dunia pada di masa nabi Nuh AS dan baru ditemukan dan di bangun kembali Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismain AS.
Sebelum ditemukan nya kembali Kabah, kota Makkah pada awal nya hanyalah lembah tandus yang tidak ada penghuni di dalam nya, saat ibunda Nabi Ismail AS ditinggalkan Nabi Adam AS di lembah tersebut dan menemukan sumber Air yang sampai saat ini masih ada dan dikenal sebagai Air Zam Zam, setelah di temukan nya sumber air Zam zam ini barulah kemudian banyak orang yang tinggal di lembah tersebut dan kini menjadi kota yang sangat dirindukan setiap Muslim.

7. Dahulu Ka’ah memiliki dua pintu untuk masuk dan keluar dan juga memiliki jendela, tidak seperti saat ini dimana Ka’bah hanya memiliki satu pintu dan tidak memiliki jendela.

8. Fakta Ka’bah selanjutnya adalah tentang pemegang kunci pintu Ka’ah dari sejak lama hanya di percayakan pada keturunan satu keluarga, yaitu keluarga bani tolhan, jadi selama ratusan tahun hingga saat ini hanya anak keturunan dari Bani Tolhah lah yang diamanati rasulullah untuk memegang dan menjaga kunci kabah.

9. Area sekitar Ka’bah akan tergenang air cukup tinggi disaat hujan lebat melanda, Meskipun demikian hal itu tidak membuat semangat orang untuk melaksanakan Tawaf menjadi enggan, akan tetapi merekan akan tetap bersemangat melaksanakan Tawaf dengan berhujan hujanan.

Dataran yang ada di daerah arab terutama di lembah makkah terdiri bebatuan keras dan tidak menyerap air hingga jika saat datang nya hujan maka air hujan tersebut akan langsung mengalir ke tempat yang lebih rendah.
Fakta Ka’bah Banjir Saat Hujan Deras

10. Fakta Tentang Dua Ka’bah, satu yang ada di makkah yang menjadi kiblat ummat manusia dan yang kedua ada di Baitul Makmur di syurga tempat para malaikat melaksanakan Tawaf, letak nya persis segaris di atas Ka’bah yang ada di bumi.

Fakta Tentang Ka’bah Sebagai Pusat Bumi

11. Dalam Al Qur’an kota Makaah disebut dengan ‘ Ummul Quro ‘(QA surah Asy-Syura ayat 7) dalam arti bahasa induk dari kota-kota, kata ‘Ummu’ berarti induk atau sumber dari terbentuk nya kota kota atau negeri yang lain nya. Hal tersebut bukan hanya permainan kata kerena memang dalam alqur’an semuanya adalah benar hanya pembuktian ilmiah manusia saja yang belum sampai.

Hasil penelitian ahli geografi Prof DR. Husain Kamil menemukan Fakta yang cukup mengejutkan, Bahwa kota Mekkah adalah pusat dari bumi. Pada awal nya sang profesor meneliti untuk menemukan bagaimana cara paling efektif untuk menentukan arah kiblat dari berbagai kota di penjuru dunia.



Ia mulai dengan membuat garis pola pada peta dan mengamati letak seluruh benua di dunia posisi ke tujuh benua juga jarak ke kota Mekkah. DR. Husain Kamil lalu membuat garis sejajar dari berbagai benua ke kota makkah untuk mempermudah perhitungan garis bujur dan garis lintang.

Dengan menggunakan program computer dalam menentukan jarak dan posisi dengan berbagai fariasi berbeda selama dua tahun, akhirnya Ia menemukan Fakta bahwa pusat bumi adalah Mekkah, kemudian pada tahun 1978 hasil dari penelitian tersebut di publikasikan dan diterbitkan di banyak majalah sains.

Tidak sampai disitu saja, penelitian nya juga terus dikembangkan hingga pada tahun 2009, hasil penemuan ilmiah yang terus berlanjut itu dipublikasikan kembali dalam sebuah konferensi ilmiah di Doha Qatar bertajuk “mecca is the center of earth” Dari hasil Konferensi tersebut maka kemudian kemudian merekomendasikan ajakan pada umat muslim di penjuru dunia untuk menggunakan Makkah sebagai acuan waktu dunia dari yang selama ini mengacu pada Greenwich (GMT).

Meski sebenarnya permasalahan ini bukan lah hal baru karena jika kita mau membaca tentang sejarah di temukan nya peta oleh ilmuan Islam masa lampau, dan memang hingga saat ini pun penelitian tentang Pusat Bumi memang masih terus berlanjut.

Info Tentang Fakta Ka’bah ini memang jauh dari sempurna tetapi sedikit banyak sebagai seorang muslim kita bisa mengetahui Fakta unik yang tidak banyak di ketahui orang.

Jika Anda ingin melihat Ka’bah secara langsung maka laksanakan saja Ibadah Haji atau melaksanakan Umroh. Dan mengetahui secara langsung bagaimana titik arah kiblat yang biasa kita menghadap kesana.

Jadwal Paket Umroh Agustus

Paket Umroh Desember Bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin berumrah.

11 Fakta Tentang Ka’bah Yang Mencengangkan ---- Konsultasikan Perjalanan Umroh Anda

khazzanah-tour-travel-support