Jalan Pintas Ke Syurga Bakti Pada Orang Tua

Khazzanah Tour Travel Umroh & Haji
PT. Khazzanah Al-Anshary U. 115 Thn 2024 | HK-29062021
gmbr Biaya Paket Umroh 9 hari 2024 2024


Mencontoh Uwais Al Qorni Berbakti Pada Orang Tua Sebagai Jalan Pintas Menuju Syurga

Jalan Pintas Ke Syurga Bakti Pada Orang Tua

Bakti Pada Orang Tua Salah Satu Amalan - Amalan Utama

Mungkin selama ini kita telah banyak melakukan kesalahan dan dosa disengaja ataupun tidak maka dari itu seyogyanya kita harus banyak - banyak beristigfar memohon ampunan Allah dan berusaha sekuat tenaga untuk meninggalkan kesalahan - kesalahan yang pernah diperbuat, dan mengimbanginya dengan banyak melakukan amal kebaikan.

Rasulullah banyak mengajarkan kita tentang amalan - amalan yang mempunyai nilai kebaikan yang besar seperti sholat tepat waktu , berbakti pada kedua orang tua dan beribadah haji, berzihad di jalan Allah dan lain sebagai nya.


Bakti Pada Orang Tua Amalan Menuju Ke Syurga

Rasulullah Muhammad Sallanllahu alaihi wasallam dalam hadis nya banyak menerangkan keutamaan orang yang berzihad di jalan Allah, dimana orang yang wafat dalam berzihad mereka akan masuk syurga tanpa hisab, dengan artian allah mengampuni segala dosa - dosanya. keutamaan Ibadah ini tergambarkan bagaimana dalam kisah para sahabat banyak berdo'a agar diwafat dalam Berzihad. meski zaman sekarang banyak orang salah paham tentang zihad ini dimana jika kita lihat banyak kelompok yang melakukan teror dengan meatasnamakan zihad.


Jalan Pintas Ke syurga dengan Berbakti Pada Orang Tua

Zaman modern sekarang ini saat setiap orang sibuk dengan berbagai kegiatan banyak yang melupakan betapa Berbakti Pada Orang Tua adalah amalan yang amat sangat besar ganjaran kebaikan nya, dalam hadis Dari Abdullah bin Mas’ud katanya: aku bertanya pada Rasulullah " Yaa Rasulullah amal apa yag terbaik ?" , Rasulullah menjawab " Sholat pada waktunya ( awal waktu ) " kemudian sahabat bertanya lagi " kemudian apa lagi Yaa Rasulaallah ? " Rasulullah menjawab "Berbakti pada kedua orang tua " kemudian apa lagi Yaa Rasulaallah ? " Rasulullah menjawab " Jihad di jalan Allah "H/R Bukhori dan Muslim. hadis ini menggambarkan keutamaan Berbakti Pada Orang Tua disandingkan dengan amalan yang mempunyai keutamaan yang sangat seperti sholat tepat waktu dan berjihad di jalan allah, bahkan banyak ulama perpendapat bahwa dalam susunan bahasa dalam hadis ini menerangkan bahwa Berbakti Pada Orang Tua lebih utama dari berjihad di jalan allah. Tsubhanallah.

Bakti Pada Orang Tua
Mengikuti teladan Uwais Al Qorni menggendong ibu berhaji

Kisah Uwais Al Qorni Seorang Wali Allah Yang Terkenal Karna Baktinya Pada Orang Tua

Dalam sebuah kisah tentang sahabat pada zaman Rasulullah dan belum pernah sekalipun bertemu dengan Rasulullah tetapi Rasululullah sangat membanggakan keutamaan sahabat ini yaitu Uwais Bi Amir Al Qorni dari yaman.

Jika kitamembaca sejarah Rasulullah dan keutamaan para sahabat nya kita akan kagum pada sosok Umar Ibnu Khattab khalifah kedua setelah Abu Bakar Siddiq dengan berbagai amal nya yang banyak diceritakan dalam sejarah, dan kita akan tercengang tatkala sahabat mulia ini dianjurkan Rasulullah untuk meminta pada Uwai Al Qorni agar di do'akan ampunan dosa. bayangkan sahabat sekelas Umar Ibnu Khattab dianjurkan untuk minta didoakan oleh Uwai Al Qorni, sebenarnya apa amalan seorang Uwais hingga ia begitu mulia.

Uwais Bi Amir Al Qorni dari yaman adalah seorang yatim yang memeluk islam tatkala seruan islam sampai di negeri yaman, dia hanya mempunyai ibu sudah kabur penglihatan nya dia bekerja menjadi penggembala kambing dengan hasil hanya cukup untuk kebutuhan hidup saja. dalam keislaman nya ia sangat ingi bertemu dengan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam tetapi ia tak kuasa meninggalkan ibu yang sangat dicintainya jika ia pergi ke Madinah untuk bertemu Rasulullah

Suatu hari sang Ibu tak kuasa menahan iba bahwa sang anak begitu memendam rindu ingin menemui Rasulullah, kemudian ibu nya pun memberi izin pada Uwai Al Qorni untuk menemui Rasulullah dan berpesan agar segera pulang, Uwais pun melakukan perjalanan menuju Madinah dimana Rasulullah tinggal, melakukan perjalanan jauh dari yaman ke madinah dengan bekal seadanya demi bertemu Rosul yang amat dirindu, sesampainya di Madinah ia bertanya pada orang - orang dimana rumah Rasulullah, kemudian ia bertanya dimana Rasulullah pada Aisah ia pun mendengar bahwa Rasulullah sedang pergi ke medan perang, da uwais pun menunggu dengan cemas mungkinkah Rasul akan cepat kembali ke madinah, dalam tunggunya ia selalu terngiang pesan sang ibu yang menyuruh nya untuk segera pulang. sebelum sore iapun pergi meninggalkan madinah untuk bergegas pulang.

Sekembali dari medan perang Rasulullah menanyakan pada Aisah apakah ada orang yang mencarinya, Aisah pun menjawab bahwa ada orang yang ingin bertemu dengan Rasulullah tetapi sudah pergi lagi. saat bersama sahabat Rasulullah berkata bahwa ada orang yang tak dikenal manusia tetapi ia terkenak dilangit ia adalah Uwais Al Qorni para sahabat pun bertanya amalan apa yang membuat Uwais Al Qorni mendapat kemulyaan itu rasulullah menerangkan bahwa ia sangat berbakti pada ibunya. Rasulullah bersabda " Sesungguhnya tabi'in yang terbaik adalah seorang lelaki yang bernama Uwais dia memiliki seorang ibu dan dulunya berpenyakit kulit. jika bertemu dengan nya mintalah pada nya agar ia memintakan ampun untuk kalian." (HR. Muslim).

Umar bin Kattab selalu ingat akan sabda Rasul ini dan setiap ada kafilah dagang ataupun Haji dari negeri Yaman yang datang ke madinah dan makkah maupun iapun selalu bertanya " apakah diantara kalian ada yang bernama Uwais Al Qorni ? " , hingga hal ini membuat orang - orang dari yaman penasaran dan mencari tau gerangan apa yang membuat Umar bin Kattab selalu bertanya tentang Uwais Al Qorni dan tatkala mereka tau keutamaan seorang Uwais Al Qorni merekapun mencarinya setelah kembali ke Yaman. suatu hari ada seorang saudagar di Yaman yang sudah mendengar kemuliayan Uwais Al Qorni menyebarkan orang untuk mencari Uwais Al Qorni, setelah diketahui sang saudagar bergi ke rumah Uwais Al Qorni untuk menjamu sahabat mulia ini, berselang waktu Uwais Al Qorni merasa tidak nyaman dengan perlakuan masyarakat yang memuliakan nya hingga sepeninggal ibunya iapun pergi dan tak ada orang yang tau lagi dimana rimba Uwais Al Qorni.

Dalam kisah singkat ini tergambar betapa Berbakti Pada Orang Tua adalah jalan pintas yang bisa membawa kita ke syurga Allah, sungguh banyak orang yang lupa dengan ini. Dalam Hadis Rasulullah bersabda " sungguh celaka seseorang yang mendapati salah satu atau kedua orang tuanya sudah sepuh ( lanjut usia ) kemudian hal itu tidak membuatnya masuk syurga " Ya rabb peliharalah kami dari lalai akan nikmat kesempatan besar ini.

Bakti Pada Orang Tua

Iri rasanya mendengar orang yang memberangkatkan orang tuanya untuk Umroh Dan Haji
ingin rasanya mencontoh kesabarang orang yang Berbakti Pada Orang Tua.....
Berbakti Pada Orang Tua
Umroh Januari




Jalan Pintas Ke Syurga Bakti Pada Orang Tua ---- Konsultasikan Perjalanan Umroh Anda

khazzanah-tour-travel-support